photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Monday, May 7, 2012

Bakpia Keju


Ini dia hasil kerajinan tangan di 'kantor' tadi siang. Gara-gara semalem ngeliatin bakpia pathok di blog mba Hesti,, jadi aja pengen maem bakpia juga. Setelah pagi-pagi proses masak memasak untuk suami tercinta yang habis shift malam selesai, menyuapi Faatih juga sudah, maka tiba saatnya masuk dapur. Aku langsung kepikiran mau bikin bakpia isi keju, karena beli di Jogja pun aku senengnya ya yang isi keju ini. 

Tahap demi tahap aku kerjakan,, pas ngoveninya itu deg-degan banget hehheee,,, tapi pas proses membulak balik yang pertama, aku langsung tau kalo bakpiaku sukses,, cieeeee,,, sotoy deh,,, hehehee,,,. setelah mateng, dicicipin, enak kulitnya, tapi aku masih kecewa dengan isinya,, ga manis ahhahaa,,, aku cuma pake keju, terigu dan butter,, harusnya ditambahin gula halus yaaaa,,, next deh,, insha Allah,,


berikut resep yang aku dapat dari blog mba Hesti,,,
Hasil: sekitar 35 buah

Bahan Kulit:
125 gr tepung terigu protein sedang
65 gr tepung terigu protein tinggi
2 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
100 ml air
200 ml minyak sayur (50 ml untuk adonan, 150 ml untuk rendaman)

Bahan Pelapis:
65 gr tepung terigu protein sedang
25 ml minyak sayur
1/2 sdm margarine

Bahan Isi Keju (versi aku):
75 gr keju cheddar 
50 gr tepung terigu
25 gr unsalted butter
25-50 gr gula halus (tadi aku belum pake)


Cara Membuatnya:
1. Campur semua bahan pelapis hingga rata. Sisihkan.
2. Masak air dan gula pasir hingga gula larut. Angkat.
3. Campurkan tepung terigu dengan garam, lalu tuangi dengan air gula, aduk hingga rata. Tambahkan minyak sayur, lalu uleni hingga Kalis.
4. Timbang adonan kulit masing-masing 10 gr, pipihkan, lalu beri bahan pelapis di permukaannya secara merata. lipat seperti amplop, lalu bulatkan, rendam di sisa minyak sayur. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis. Diamkan 15 menit.
5. Sementara itu, buatlah adonan isi. campur semua bahan hingga rata, lalu timbang masing-masing 5 gr, bulatkan.
6. Ambil 1 adonan kulit, gilas hingga agak tipis, beri isi, tutup lalu rapatkan dan bulatkan.
7. Susun di loyang, lalu bakar di oven, dengan suhu 200 deg C selama 10 menit. Balik-balikkan bakpia. Bakar lagi 5 menit. Lalu balikkan lagi ke posisi semula. bakar lagi 5 menit hingga kecoklatan.
8. Angkat dan hidangkan.

Jadinya sekitar 35 buah.
Selamat Mencoba Moms :)

2 comments:

Hesti HH. said...

MBak Nonyyyy...cakep sekali bakpianya. Terlihat banget layersnya. Sukaaa deeeeh!!

Ini hasilnya tetap empuk kan mbak?? atau jadi renyah??

Nony Aska Daulika said...

wah,,, makasih mba,, makasih juga loh resepnya,,

iya mba empukkk,,, renyah sedikit dilapisan paling luar itu loh mba,,, :)